Translate

Sunday, August 7, 2016

Trace route



Trace route
Input :  IP address atau host name 
Trace route : mencetak rute packet yang dibawa ke network host
Trace route digunakan untuk menelusuri rute melalui internet dari computer pengguna ke computer yang dituju. Signal biasanya dikirim dari computer ke Internet Service Provider (ISP), kemudian ke provider-nya sampai mencapai ‘backbone’ provider. Rute ini mungkin terdiri dari satu atau beberapa step. Rute ini kemudian mentransfer signal ke ‘backbone’ provider tujuan dan mengembalikan proses ke computer tujuan. Fitur ini hanya dapat mengecek computer yang terhubung dengan internet, dan tidak dapat memverifikasi validitas alamat e-mail. Trace route juga tidak dapat mengecek halaman web yang spesifik (missal : www.xx.net /sitemap.htm). 
Parameter untuk trace route adalah hostname tujuan atau IP addressnya. Besar probe datagram secara default adalah 40 bytes, tapi dapat juga bertambah dengan menspesifikasikan besar packets ( dalam bytes) setelah hostname tujuan.

Usage : tracert [-d] [-h maximum_hops] [-j host-list] [-w timeout] target_name

Options:
-d                
Tidak menterjemahkan IP address menjadi hostname
-h maximum_hops   
 Jumlah maksimum hops untuk mencari target
-j host-list       
Loose source route along host-list.
-w timeout        
Wait timeout (dalam milliseconds) untk tiap reply
Contoh :

Di OS lain, kita bias menjumpai aplikasi yang identik yang bernama traceroute. Traceroute adalah sebuah program yang mana menampilkan paket route dalam jaringan ,  listing dari semua intermediate routers yang mana terkoneksi ke server tersebut . Perintah ini membantu anda untuk  membedakan koneksi anda ke server sangat lemah atau tidak, dan sering  menolong  anda menggambarkan dimana problem yang sebenarnya. Program ini juga menunjukkan kepada anda bagaimana sistem terkoneksi antara system yang satu dengan sistem yang lain, anda juga bisa melihat ISP anda terkoneksi ke internet sebaik bagaimana sistem terkoneksi.
Traceroute ini tersedia di sebagian besar platform yang support terhadap jaringan seperti UNIX , Mac OS X, dan Windows.
Dalam UNIX cara untuk memakai traceroute sederhananya seperti berikut :
Traceroute server.name
Jika command traceroute tidak ditemukan , kemungkinan command tersebut tidak di dalam path shell anda . Di beberapa system, traceroute dapat di ditemukan dalam /usr/sbin, yangmana tidak ada didalam path untuk user default. Di case ini perintah untuk menjalankan traceroute :
/usr/sbin/traceroute server.name
Cara penggunaan selengkapnya adalah sebagai berikut :
traceroute [-dFInrvx] [-g gateway] [-i iface] [-f first_ttl]
[-m max_ttl] [ -p port] [-q nqueries] [-s src_addr] [-t tos]  -w waittime]
[-z pausemsecs] host [packetlen

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar