Translate

Monday, August 8, 2016

SWOT Analysis



    SWOT Analysis

1.     External Analysis

I.1.1        Market Size

            Tidak ada informasi yang akurat tentang ukuran market dimana ERIKS Group beroperasi. Diperkirakan jumlah total dari market di Eropa sekitar 20 Milyar EURO. Market di negara-negara tempat ERIKS Group beroperasi, bernilai lebih dari 10 Milyar EURO.
            Ukuran market berhubungan langsung dengan trend dalam industrial-production. Pada tahun 2004, industrial-production di Eropa Barat dan Tengah meningkat untuk pertama kalinya sejak tahun 2000. Hal ini juga disebabkan oleh pulihnya kondisi perekonomian dunia pada umumnya. Market menjadi lebih terpusat karena adanya relokasi dari industri manufacturing dari Eropa Barat ke Eropa Timur yang upahnya lebih rendah.
            Relokasi dari industri merupakan ancaman serius bagi manufacturer dan distributor. Hany melalui kebijakan yang inovatif dan dengan mencari segmen market yang baru, penjualan bisa terjaga dan tumbuh lagi.

I.1.2        Suppliers

            Akibat adanya investasi capital-intensive dalam asset bisnis dan tingginya biaya untuk riset dan pengembangan produk, tetapi masih ada trend yang menjanjikan terhadap manufacturer. Mereka bisa menawarkan pada market sebuah perkembangan yang signifikan dan mencari cara untuk lebih dekat terlibat dalam distribusi ke industrial end-user. Trend ini akan memajukan integrasi antar manufacturer. Masa depan distributor akan tergantung pada mempunyai partnership dengan supplier, volume&market share, mempunyai customer-base yang luas, mempunyai jangkauan produk yang luas dengan nilai teknologi yang tinggi.


I.1.3        Customers

            Customer mengharapkan distributor dari komponen mechanical engineering untuk memberikan nilai lebih. Bagi kebanyakan customer, mengurangi jumlah supplier dan mempunyai satu contact point untuk berbagai operasi nasional dan internasional, merupakan hal terpenting dalam kebijakan mereka. Mengurangi biaya transaksi dan modal saat itu adalah hal terpenting pada manajemen operasional dari semua kelompok industri. Menanggapi trend ini, distributor harus memiliki range yang luas, produk yang berkualitas dan aplication know-how, fasilitas pemrosesan dan technical know-how, dan dia harus bisa menawarkan logistic services. Selanjutnya kelompok industri tersebut bisa mengerjakan bisnis dengan cara yang lebih efisien dan distributor mempunyai kesempatan untuk melebarkan customer-base. Konsep marketing dan konsep distribusi akan disesuaikan dengan berbagai macam customer-group.

I.1.4        Competitor

            Market di Eropa untuk distribusi dari komponen mechanical engineering tetap tinggi. Beberapa kelompok besar yang sama dengan ERIKS Group beroperasi di beberapa negara dan mempunyai strategi perluasan internasional. Tetapi kombinasi market share dari distributor internasional ini masih tetap terbatas. Sama seperti distributor ini, ada banyak bisnis kecil dan menengah yang melayani market dengan satu atau lebih grup produk pada skala regional atau nasional. Market menawarkan ERIKS Group untuk perluasan yang lebih lanjut.

2.     Internal Analysis

Pada beberapa tahun lalu, ERIKS Group telah berkembang menjadi distributor yang modern dan inovatif dengan infrastuktur yang modern dan pekerja yang profesional. Kebanyakan dari perusahaan dalam ERIKS Group memenuhi syarat ini sehingga memiliki kesempatan untuk lebih berkembang. Tingkat profesionalisme dan kedewasaan antara kelompok/perusahaan yang satu dan lainnya berbeda, sehingga strength dan weakness dari tiap kelompok itu tidak sama sehingga rencana operasional dan strategi diformulasikan oleh masing-masing kelompok perusahaan secara internal.

I.1.5        The Netherlands and Belgium

            Kelompok ERIKS Netherland dan ERIKS Belgium sudah menyertakan seluruh aktivitas utama dalam bidang mereka. Di Netherland, ERIKS Group menempati posisi 3 teratas dalam seluruh aktivitas. Kelompok ini sudah menguasai semua disiplin teknik yang diperlukan dan melalui kerjasama intensif antara berbagai unit yang bekerja secara konstan dalam perkembangan lebih lanjut pada aktivitas utamanya dan perluasan dari logistic service. Di Belgia, posisi 3 teratas dalam market belum dicapai di semua aktivitas sehingga market share kadang terancam. Perkembangan yang bagusdibuat dengan kerjasama antara unit yang berbeda dan ini merupakan pendekatan market yang umum. Kebijakan dirintis dengan perluasan technical dan logistic service.

I.1.6        Germany

            Kelompok ERIKS German bekerja secara konstan untuk memperluas bidang dan integrasi dengan perusahaan sudah berlangsung selama beberapa tahun belakangan. Kebutuhan untuk pendekatan German market sebagai satu unit adalah starting point untuk ini. Technical trade market tetap tinggi dan kelompok ini tidak menempati posisi 3 teratas dalam grup produk apapun. Akan tetapi Germany ERIKS merupakan salah satu distributor terbesar dari komponen mechanical engineering. Kelompok ini menerapkan manajemen yang bagus dan profesional serta modernisasi infrastruktur.

I.1.7        France

            Kelompok ERIKS France masih perlu menjalani sejumlah tahap pengembangan dalam beberapa tahun mendatang. Masih banyak tempat dalam kelompok ini dimana kualitas service kepada customer tidak memenuhi standar yang diharapkan ERIKS Group. Langkah yang harus diambil untuk membenahi antara lain manajemen perusahaan, manajemen kualitas produk, perluasan aktivitas utama, adn modernisasi dari infrastruktur.

I.1.8        USA

            Kelompok ERIKS USA hanya beroperasi di market industrial plastics, tetapi memiliki resource dan profesionalisme untuk meraih pertumbuhan yang lebih lanjut.

I.1.9        South East Asia

            Market position dari ERIKS SouthEast Asia masih rapuh. Dengan rasionalisasi dan penambahan produk serta application know-how, marketing mix dikembangkan dengan memisahkan dari kompetisi lokal dan memenuhi permintaan pasar.


3.     Financing (2005-2007) and the creation of value

Diasumsikan bahwa aktifitas industri akan mengalami peningkatan, model pertumbuhan beberapa tahun telah digambarkan berdasarkan asumsi realistis. Model mengindikasikan bahwa ERIKS Group mampu membiayai target pertumbuhan, sambil mempertahankan financial ratio dalam batas tertentu dan meningkatkan nilai perusahaan. Rencana pembiayaan berdasarkan model pertumbuhan meneyediakan resource untuk pembiaya dari luar dan stockholder. Sangat penting bahwa kerjasama dengan pihak lain harus memberikan keuntungan jangka panjang bagi semua stakeholder dari ERIKS Group dan tujuan bisa tercapai lebih cepat dan resiko lebih terkontrol.

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar