Translate

Tuesday, August 9, 2016

On Line Analytical Processing (OLAP)



On Line Analytical Processing (OLAP)

    OLAP adalah suatu metode pemodelan data multidimensional untuk memenuhi kebutuhan analisis terhadap data. OLAP menyajikan data relational kepada pengguna dalam bentuk data multi dimensional untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman akan data dan pola-pola tersembunyi.
OLAP memungkinkan analisis pada suatu data yang tidak mungkin dilakukan oleh query biasa. Namun, OLAP juga tidak diperuntukkan untuk melakukan pencarian ilmu pengetahuan terhadap sekumpulan data sebagaimana yang dilakukan dalam Data Mining. Gambar 2.2 menunjukkan posisi teknologi OLAP diantara teknologi-teknologi lain yang memanfaatkan database.

Gambar 2.2 OLAP diantara teknologi lain
Yang membedakan antara OLAP dengan query biasa adalah kedalaman pengolahan data yang dihasilkan. Pada query biasa, informasi yang dihasilkan adalah sesuai dengan permintaan pengguna, sementara pada OLAP informasi direpresentasikan dalam bentuk trend dan pola tertentu yang terdapat pada data. Berbeda dengan keduanya, Data Mining dimaksudkan untuk mengidentifikasi tren tersembunyi dan relasi yang tidak biasa pada data.

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar