Translate

Monday, August 8, 2016

Analisa Jaringan :



Analisa Jaringan :

Jaringan perusahaan menggunakan konsep DMZ untuk mengatasi permsalahan keamanan karena menyediakan pelayanan yang dapat diakses oleh publik. Inti dari penggunaan DMZ ini adalah koneksi dari jaringan internal dan ekstartnal menuju DMJ diperbolehkan. Koneksi dari DMZ hanya bisa ke jaringan ekstarnal perusahaan sedangkan koneksi dari DMZ ke jaringan internal tidak diperbolehkan. Host yang ada di DMZ memberikan pelayanan terhadap jaringan eksternal sementara juga melindungi jaringan internal perusahaan pada permasalahan intruder hanya terbatas sampe pada daerah DMZ aja, tidak akan sampe pada jaringan internal.

Ketika berbicara tentang permsalahan perusahaan besar yang mempunyai pengunjung yang besar maka kita dihadapkan kepada permsalahan yang umum terjadi pada perusahaan yang besar. Permasalahn itu antara lain adalah ‘network transfer speed’ dan ‘server response time’. Network transfer speed merupakan permsalahan permsalahan bandwidth internet sedangkan ‘server response time’ tergantung kepada resource yang ada antara lain komputer yang cepat(khususnya untuk program CGI), RAM yang besar(untuk kerja HTTP secara parallel) dan permsalahan I/O yang bagus(untuk disk dan trafik jaringan).

Pelayanan yang diberikan perusahaan antara lain Web Server, Mail Server, DNS Server, VOIP, Anti Virus Server, Access Point.

1.      Web Server
Web Server disini digunakan untuk menjalankan proses bisnis perusahaan yang menggunakan integrated solution, dimana proses yang ada pada perusahaan dilakukan secara terpadu dalam suatu software. Kegiatan perusahaan mulai dari produksi, pemasaran, pembelian, pengajian. Masing masing karyawan memiliki website sendiri sendiri yang disesuaikan dengan divisi tempat bekerja masing masing. Website ini juga menyediakan suatu forum bagi seluruh karyawan yang ada pada perusahaan sehingga bisa dilakukan komunikasi baik itu mulai dari komunikasi dalam divisi, antar divisi maupun dengan pihak manajemen.

2.      Mail Server
Mail Server ini digunakan untuk memfasilitasi komunikasi baik itu antara pihak luar dengan perusahaan, perusahaan ke luar ataupun bisa digunakan untuk keperluan karyawan dalam melakukan komunikasi dengan menggunakan email. Email yang diterima oleh karyawan diharapkan bebas virus, spam,

3.      Server DNS
Server DNS disini digunakan untuk keperluan translasi ip ke nama domain. Dan juga untuk memberikan subdomain kepada masing masing divisi pada perusahaan ini. Konsep DNS ini berfungsi untuk mengorganisasi divisi perusahaan sehingga memudahkan dalam pengaturan policy untuk masing masing divisi yang ada pada perusahaan. Masing masing karyawan memiliki login Domain yang berfungsi sebagai authentikasi supaya bisa melakukan login pada komputer perusahaan. Disamping itu juga karyawan mendapatkan space pada masing masing subdomain yang ada pada perusahaan.

4.      Server Antivirus
Sistem anti virus di perusahaan menggunakan sistem Server-Client sehingga pemantauan terhadap masing masing workstation menjadi mudah. Proses update virus dilakukan secara berkala(tiap 3 hari sekali) secara otomatis oleh server antivirus. Workstation mendapatkan update virus definitionnya setiap 3 hari sekali sehingga keamanan workstation terhadap gangguan dari virus, worm, maupun malware dapat diatasi.

5.      NOC(Network Operation Center)
NOC disini digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap trafik jaringan, permasalahan jaringan, analisa performa jaringan. Keberadaan NOC ini sangat penting sekali bagi perusahaan karena akan sangat berpengaruh terhadap performa perusahaan karena semua transaksi bisnis perusahaan dilakukan secara online.

6.      Access Point
Access Point ini digunakan untuk keperluan perusahaan ketika mungkin ada relasi perusahaan yang membawa laptop, maupun karyawan sendiri yang membawa laptop bisa dilakukan dengan menggunakan DHCP untuk mengakses jaringan lokal perusahaan ataupun untuk melakukan browsing internet.

7.      Firewall
Firewall disini dibagi manjadi 2 yaitu firewall bagian luar, bagian dalam dan untuk masing masing workstation. Firewall bagian luar digunakan untuk melakukan filtering paket yang berasal dari internet yang selanjutnya akan menuju DMZ dan jaringan internal. Firewall bagian adalam digunakan untuk mengamankan baik itu jaringan luar maupun dari masing masing subnet yang ada pada jaringan lokal. Sedangkan untuk masing masing OS ada firewall bawaan yang bisa digunakan untuk mengamankan masing masing workstation

8.      Backup Server
Backup server dibutuhkan untuk melakukan backup pada semua server yang ada pada pada jaringan. Baik itu mail server, web server, DNS server dan data user yang ada pada jaringan.


No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar