Translate

Tuesday, August 9, 2016

Data Warehouse

Data Warehouse

         Data warehouse adalah relasi data yang dirancang untuk proses analisis dan query,dan bukan untuk proses transactional. Biasanya data warehouse mengandung data history yang dapat diambil dari data transactional maupun data dari sumber lain.


Karakteristik Data warehouse

àSubject Oriented
  Data warehouse dirancang untuk mambantu dalam meng-analisa data. Misalnya untuk mempelajari lebih jauh perkembangan penjualan suatu perusahaan. Dengan menggunakan data warehouse, pertanyaan seperti “Siapakah customer yang paling banyak membeli barang x tahun ini?”. Kemampuan data warehouse ini menjadi salah satu karakteristik data warehouse.

àTerintegrasi
Integrasi dalam hal ini berhubungan dengan subject orientation. Data warehouse harus meletakkan data dari sumber yang berbeda-beda ke dalam format yang konsisten. Juga harus mampu mengatasi kesamaan nama dan perbedaan ukuran dari data tersebut. Jika dapat mencapai tahap ini, data warehouse dikatakan terintegrasi.

àNon volatile
Artinya bahwa sekali data dimasukkan ke dalam data warehouse, maka data tersebut tidak akan berubah. Hal ini sesuai dengan tujuan penggunaan data warehouse yaitu penganalisaan data.

àTime variant
Dengan maksud menemukan trend bisnis baru, analisis membutuhkan sejumlah besar data. Sangat berbeda dengan Sistem OLTP (On-Line Transactional Processing), yang menghendaki data lama menjadi arsip dan tidak diikutkan dalam proses transactional saat ini. Sedangkan data warehouse fokus pada perubahan atau perbedaan waktu.


No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar