Translate

Tuesday, August 9, 2016

Object-object Data warehouse



Object-object Data warehouse

Dalam merancang suatu data warehouse dibutuhkan object-object yang merupakan penyusun data warehouse sesuai dengan kebutuhan analisis. Object-object tersebut nantinya akan dikumpulkan dalam suatu skema data warehouse. Berikut adalah object-object pada data warehouse:

èFact Table
Fact table merupakan tabel dalam skema data warehouse yang menyimpan bussiness measurement. Bussiness measurement merupakan data yang akan dianalisis. Pada fact table umumnya terdiri dari 2 type kolom, yaitu numeric fact ( seringkali disebut measurement ) dan foreign key yang mereferensikan ke dimension table. Fact table dapat terdiri dari detail data maupun data agregate. Fact table yang berisi data agregate disebut juga summary table


èDimension Table
Dimension table disebut juga lookup atau reference table. Dimension table meyimpan informasi data yang dibutuhkan dalam analisis. Dimension merupakan struktur (terdiri dari beberapa hierarki ) yang mengelompokkan data. Data dimension mengumpulkan level terendah dari detail data hingga total level tertinggi agregasi data yang lebih bermanfaat dalam analisis.

èHierarki
Hierarki merupakan struktur logika untuk menyusun level-level untuk mengelompokkan data. Hierarki dapat mendefinisikan agregasi data. Misalkan pada dimensi customer, terdiri dari: region, subregion, country_name, customer. Secara berurutan menunjukkan hierarki dari level tertinggi sampai ke level terendah.

Hirarki adalah salah satu OLAP obyek yang menggunakan level secara bertingkat untuk mengorganisasi data.  Sebuah hirarki dapat digunakan untuk mendefinisikan agregasi data. Sebagai contoh pada dimensi waktu, hirarki mungkin akan melakukan agregasi data dari level bulan ke level tiga-bulanan selanjutnya ke level tahun. Dalam hirarki, sebuah level dihubungkan dengan level diatasnya dan dibawahnya. Sebuah dimensi dapat terdiri dari lebih dari satu hirarki, misalnya dimensi produk mungkin terdiri dari hirarki kategori produk dan hirarki suplier produk.



Level
Merepresentasikan posisi pada suatu hierarki.
     Level merepresentasikan sebuah posisi pada hirarki. Level mengumpulkan data untuk agregasi dan digunakan untuk proses komputasi. Sebagai contoh, pada dimensi waktu, level yang mungkin didefinisikan adalah level hari, level bulan, level triwulan, dan level tahun.  Setiap level diatas level terendah merupakan agregasi dari level dibawahnya. Jika data penjualan disimpan dalam format harian (level hari), maka data dapat diagregasi sesuai dengan level yang ada diatasnya, seperti level bulan, dan tahun.

èLevel Relationship
Level Relationship merupakan susunan dari atas ke bawah level-level dari yang paling umum hingga informasi paling detil, dengan susunan pareng-child relationship antar level dalam satu hierarki.

Berikut adalah contoh dari hierarki dari dimension customer


Unique Identifier
 Seperti halnya dalam primary key suatu table dalam database relational, namun unique identifier ini digunakan pada dimension table. Unique identifier seringkali dibuat dan ditambahkan untuk menghindari munculnya masalah perubahan unique identifier. Unique identifier biasanya direpresentasikan dengan awalan karakter #.
èRelationship
Dengan relationship menjaga integritas data.
Contoh object data warehouse dan hubungannya




 


No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar