Translate

Sunday, August 7, 2016

ORACLE RDBMS



ORACLE RDBMS ( Relational Database Management System)

Oracle Database
Oracle adalah database yang paling banyak digunakan di dunia. Oracle dapat dijalankan pada berbagai macam komputer ,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
Oracle juga merupakan salah satu SQL-Server database. Cara kerja SQL-Server database adalah menerima request ( permintaan ) berupa instruksi SQL ( Structured Query Language ) , dan sebagai hasil SQL server akan mengirim jawaban berupa berhasil atau tidaknya perintah tersebut, dilengkapi dnegan status dan atau ResultSet. ResultSet adalah koleksi dari “record” database yang dicari tersebut.
Oracle merupakan database berbasis relational, artinya struktur data diatur melalui pembuatan tabel-tabel yang satu dengan lainnya mempunyai keterkaitan atau relasi. Tiga elemen yang merupakan model fundamental dari relasi adalah :
  1. Struktur data : Tabel
Terdiri atas baris ( record atau row) dan setiap baris terdiri atas kolom-kolom ( colum atau field ) yang terdefinisi melalui tipe data pada kolom tesebut.
  1. Integritas Data
Mempunyai arti bahwa data sesuai dengan kondisi “real” , misalnya sebuah field “umur” , maka nilai yang terjadi tidak boleh negatif. Kesesuaian data dengan nilai real ini disebut juga sebagai “batasan nilai untuk integras data” atau “integryty constraints”
  1. Manipulasi Data
Data yang tersimpan dapat dimanipulasi melalui bahasa pemrograman terstruktur seperti SQL.

Istilah-istilah penting yang behubungan dengan Oracle  database :

Oracle Instance
Suatu oracle instance adalah kombinasi atau gabungan dari SGA( sistem global area ) dan background proses basis data. Ketika instance dijalankan, buffer memori SGA akan dialokasikan dan background proses juga akan dijalankan. Setelah sebuah instance dijalankan ( memori dialokasikan dan background proses dijalankan ) barulah selanjutnya Basisdata ( data file ) akan di-mount oleh instance.



Tablespace
Basisdata oracle dibagi menjadi ruang-ruang logik yang lebih kecil
Yang berisikan
§  Masing-masing tablespace terdiri dari satu atau lebih file-file sistem operasi
§  Tablespace dapat dionline-kan pada saat basisdata sedang berjalan
§  Dengan pengecualian pada tablespace SYSTEM, tablespace dapat menjadi offline, atau di-offline-kan , dari database yang sedang berjalan.
§  Masing-masing objek hanya berada pada satu tablespace

Tiap tablespace yang memuat roolback segmen yang aktif tidak dapat diofflinekan.
Tablespace SYSTEM sudah ikut dibuat pada saat instalasi Orcale Server. Sebagai tambahan dari tablespace SYSTEM, ada beberapa tablespace yang lain yang disarankan yaitu:TEMP( menyimpan temporary segmen yang digunakan ketika proses sorting ), RBS( menyimpan tambahan rool back segmen ), TOOLS( table-table yang dibutuhkan oleh Oracle server tools ), APPLI_INDEX( menyimpan data production ),APPLI_DATA( meyimpan index-index yang berasosiasi dengan data production )

Previlige
Hal yang ditentukan untuk mengeksekusi beberapa statement SQL seperti contohnya :
  • Hak untuk connect kesuatu database(membuat suatu session)
  • Hak untuk membuat suatu table
  • Hak untuk menselect baris dari table yang lain
Previlleges bisa dibedakan menjadi dua yaitu System previlleges dan schema objek prevelliges :
  • System previlleges akan memberikan hak kepada user untuk melakukan fungsi-fungsi dasar kepada sistem secara keseluruhan, sebagai contoh hak untuk membuat tablespace atau menghapus baris dari berbagai table adalah merupakan bagian dari system previllege.
  • Schema object previlleges adalah hak yang membolehkan user untuk melakukan action-action tertentu pada schema object tertentu. Sebagai contoh hak untuk menghapus baris dari table tertentu.




Role
Kumpulan dari preville yang nantinya bisa diberikan kepada user atau role yang lain sehingga akan memudahkan pengelola hak bagi user.


Roleback
Operasi pada database untuk mengembalikan kondisi database yang sekarang menjadi kondisi pada keadaan sebelumnya yang telah ditentukan.
Kumpulan previllege yang nantinya bisa diberikan kepada user atau role yang lain sehingga akan memudahkan pengelola hak bagi user.
Untuk memudahkn mengerti Orcale database , tiap komponen akan dibahas dalam Bab-bab berikutnya.

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar