Translate

Sunday, August 7, 2016

Postgre



  1. Postgre
Database merupakan aspek yang sangat penting dalam teknologi informasi. Postgre adalah aplikasi canggih yang mendukung system besar perlu didukung oleh database server yang handal, berkinerja tinggi, serta mudah perawatan dan pengembangan. Beberapa pihak bahkan menambahkan satu kriteria lagi, yaitu ketersediaan source code untuk lebih menjamin kelangsungan sistem
Postgres meletakkan kebijaksanaan security-nya di file pg_hba.conf. secara default, Postgres membiarkan setiap user untuk login tanpa diharuskan mengisikan password.
Setiap perubahan password hanya dapat dilakukan oleh user postgres ini. Password yang tertulis dalam file kunci akan di-encrypt agar lebih terjaga kerahasiannya.
Sistem perlindungan terhadap data dilakukan pada level tabel dan bukan pada aplikasi, yaitu dengan cara pemberian hak (GRANT) atau pencabutan hak (REVOKE) pada perintah SQL. Sehingga perubahan hak tidak akan mempengaruhi kode program. Selain superuser postgres, yang berhak memberikan GRANT / REVOKE adalah user yang membuat database bersangkutan.
Ketika tabel dibuat, hanya pemiliknya yang dapat menggunakan. Jika user lain diperbolehkan juga, maka pembuatnya harus memberikan GRANT. Hak akses yang dapat diberikan adalah SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dan RULE.CREATE TABLE
Seluruh objek (tabel, isi tabel, view, stored procedures, dll) dalam suatu database dapat “dikeluarkan” (baca: dibackup) dalam bentuk SQL script.
Aktivitas query biasanya meninggalkan “sampah” dalam direktori database. Postgres menyediakan perintah VACUUM untuk membuang garbage yang tak perlu tersebut.

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar