Translate

Sunday, August 7, 2016

Menambah atau menghapus record secara masal



BAB I      Menambah atau menghapus record secara masal



Adakalanya dalam suatu database dapat melakukan penambahan record dari tabel lain , ataupun dalam menghapus data kita melakukan penghapusan terhadap beberapa record.

5.1 Menambah record-record dari table lain
INSERTSELECT
Perintah ini untuk memasukkan data yang jumlahnya sangat banyak dari suatu tabel ke dalam tabel yang lain. Untuk melakukan perintah ini diperlukan dua buah tabel. Kita tidak perlu menyebutkan nilai yang kan dimasukkan, tapi cukup menyebutkan nama kolom dari tabel yang akan dimasukkan datanya. Tipe data, jumlah kolom dari data yang akan dipindahkan haruslah sama, Sintaksnya adalah sebagai berikut :
INSERT INTO nama_tabel (kolom1, kolom2, … )
SELECT kolom1, kolom2
FROM nama_tabel
Contoh perintah SQLnya adalah sebagai berikut :
SQL> INSERT INTO WORKS_ON ( SSN)
SELECT SSN FROM employee;
Dapat dilihat hasilnya dengan
SQL> SELECT * FROM works_on;

Atau sintaks lainya adalah sebagi berikut :
INSERT INTO tabel_tujuan SELECT * FROM tabel_asal;

I.1.1  5.2      Memanfaatkan Operator SET


Operator Set digunakan untuk menggabungkan atau mengurangkan dua buah table yang berbeda. Ekspresi yang digunakan adalah union, union all, intersect dan minus.

I.1.1.1            Union dan Union All

Dengan Union kita menggabungkan dua buah tabel, namun yang datanya sama hanya disebut satu kali, sedangkan union All semua datanya akan dimasukkan.




I.1.1.2            Intersect

Yang dimaksud dengan INTERSECT adalah irisan dari dua buah tabel. Jadi data tersebut ada didalam tabel pertama dan juga dalam tabel kedua. Contoh perintah SQL beserta outputnya dengan INTERSECT

I.1.1.2.1.1.1.1         MINUS
Minus digunakan untuk mencari data dalam tabel pertama dikurangi dengan data pada tabel pertama yang ada pada tabel kedua.


I.1.2  5.3 Beberapa Fungsi Dalam SQL yang Biasa Digunakan


Kita juga akan mempelajari beberapa fungsi dalam SQL, yaitu fungsi agregat, fungsi waktu, fungsi aritmatika, fungsi karakter, fungsi konversi, dan lain – lain.

5.3.1 Fungsi Agregat
Yang termasuk dalam fungsi agregat adalah sum, cum, avg, min dan max. Fungsi AVG, MAX, MIN, SUM, COUNT adalah fungsi yang memproses tabel dengan kualifikasi tertentu. Umumnya fungsi ini diaplikasikan pada sekelompok record (group) dengan kualifikasi yang sama.

5.3.1.1 AVG
Mencari rata – rata dari seluruh record yang kualifikasi tertentu. Contoh berikut adalah mencari gaji rata – rata dari employee.
SQL> SELECT AVG(SALARY) AS AVGGAJI FROM EMPLOYEE;

5.3.1.2 MAX dan MIN
Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai maksimum dari suatu group record tertentu. Sedangkan fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai minimum dari suatu record yang berlaku.
Contoh :
SQL> SELECT MAX(SALARY) AS MAXGAJI FROM EMPLOYEE;
5.3.1.3 COUNT
Digunakan untuk menghitung jumlah record dengan kualifikasi tertentu. Count(*) menyatakan, hitung seluruh record yang berlaku.
Contoh :
SQL> SELECT COUNT(*) AS TOTRECORD FROM EMPLOYEE;



5.3.1.4 SUM
Berfungsi untuk menjumlahkan nilai dari kolom tertentu.
Contoh :
SQL> SELECT SUM(SALARY) AS TOTGAJI FROM EMPLOYEE;

Catatan :
Semua fungsi – fungsi tersebut dapat digunakan secara bersama – sama dalam satu query maupun pada subquery

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar