1 Tugas Terjadwal Harian
1.1 Overview
Kita telah menyediakan contoh checklist bahwa anda mungkin menggunakan
dan memodifikasi bergantung pada kebutuhan khusus anda. Checklist disediakan
untuk anda berikut ini:
- tugas kritis
- Sistem R/3
- Database
- Sistem operasi
- Lainnya
- Catatan
Tugas Kritis
Tugas
|
Transaksi
|
Bab
|
Prosedur
|
Check off/initial
|
Periksa system R/3 up
|
|
|
Masuk ke system R/3
|
|
Periksa backup harian dieksekusi dengan error
|
DB12 – Backup logs : Overview
|
13
|
Periksa backup database
Run time backup database
Periksa backup level system operasi
Run time backup system operasi
|
|
System R/3
Tugas
|
Transaksi
|
Bab
|
Prosedur
|
Check off/initial
|
Periksa semua server aplikasi up
|
SM51 – SAP Server
|
16 & 10
|
Periksa semua server sedang up
|
|
Periksa monitor alert CCMS
|
RZ20-monitor CCMS(4.0)
|
10
|
Cari alert
|
|
Periksa proses kerja(dimulai dari SM51)
|
SM50 – overview proses
|
16&10
|
Semua proses kerja dengan sebuah running atau sebuah status waiting
|
|
Mencari update yang gagal
|
SM13 – update record
|
10
|
- tetapkan tanggal ke satu tahun yang lalu
- Enter * pada ID pengguna
- Set ke “all” update
- periksa garis dengan “Err”
|
|
Periksa log system
|
SM21 – System log
|
10
|
Set tanggal dan waktu ke sebelumnya review log terakhir.
Periksa:
- Error
- Warning
- Security messages
- Abends
- Problem database
- kejadian-kejadian lainnya
|
|
Tinjau job yang tertunda
|
SM37 – pilih job background
|
16
|
Masukkan sebuah asterisk (*) di ID pengguna
Verifikasi bahwa semua job kritis telah sukses
|
|
Periksa lock terakhir
|
SM12 – daftar lock masukan
|
10
|
Masukan sebuah asterisk(*) untuk ID pengguna
Periksa masukan untuk hari sebelumnya
|
|
Periksa pengguna dalam system
|
SM04 – pengguna
Al08 – pengguna
|
10
|
Tinjau pengguna dan terminal yang tidak diketahui dan berbeda.
Tugas ini seharusnya dilakukan beberapa kali dalam sehari
|
|
Periksa permasalahan spool
|
SP01 – Spool
Layar permintaan
|
14
|
Cari job spool yang inproses untuk lebih dari satu jam
|
|
Periksa job log
|
SM35 – input batch: layer inisial
|
16
|
Periksa:
-job baru
- Job salah
|
|
Periksa kerja proses
|
SM50/SM51 - Proses
|
16&10
|
|
|
Tinaju dumps
|
ST22 – ABAP analisa dump
|
10
|
Cari jumlah dump yang berlebihan
Cari dump yang tidak biasa
|
|
Tinjau beban kerja statistic
|
ST03 – beban kerja: analisis dari <SID>
|
19
|
|
|
Tinjau statistic buffer
|
ST02 – tune summary
|
19
|
Cari swap
|
|
Database
Tugas
|
Transaksi
|
Bab
|
Prosedur
|
Check off/initial
|
Tinjau log error dari permasalahan
|
AL02 – database(DB)
Alert
ST04 – DB
Analisa kinerja
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
Sistem Operasi
Tugas
|
Transaksi
|
Bab
|
Prosedur
|
Check off/initial
|
Tinjau log system untuk problem
|
Al16 – OS alert
OS06 – monitor OS
|
15
|
Tinjau log system operasi
|
|
Tinjau log system NT untuk problem
|
Log system NT
|
15
|
Cari error atau kesalahan
|
|
|
Log system NT
|
15
|
Periksa untuk percobaan logon gagal ke server SAP
|
|
|
Log aplikasi NT
|
15
|
Cari kesalahan dan kegagalan
|
|
Lainnya
Tugas
|
Dimana
|
Bab
|
Prosedur
|
Check
off/initial
|
Periksa UPS (uninterruptible Power Supply)
|
Log UPS program
|
15
|
Tinjau untuk:
|
|
System R/3
Tugas ini dilakukan beberapa kali dalam sehari
Tugas
|
Transaksi
|
Bab
|
Prosedur
|
Check off/initial
|
Cari dari update yang gagal(terminasi update)
|
SM13
|
10
|
-Set tanggal ke satu tahun lalu
-Masukkan * ke ID pengguna
-set ke update “all”
Periksa baris dengan “Err”
|
|
Periksa log system
|
SM21 – log system
|
10
|
Set tanggal dan waktu sebelum tinjauan log terakhir
Periksa untuk:
-Error
-Warning
-Security Message
-Abends
-Problem database
Event lain yang berbeda
|
|
Tinjau untuk job kritis dan penghapusan
|
SM37 – Pilih job background
RZ01 – Monitor job grafis
|
16
|
Enter * di ID pengguna
Verifikasi bahwa semua job kritis adalah sukses
Tinjau job yang ditunda
Sama dengan SM37
|
|
Periksa pengguna di sistem
|
SM04 – pengguna
AL08 – pengguna
|
10
|
Tinjau untuk ID pengguna dan terminal yang berbeda dan tidak
diketahui.
Tugas ini seharusnya dilakukan beberapa kali dalam sehari
|
|
Tugas Kritis
Ada beberapa tugas kritis yang seharusnya
diselesaikan setiap pagi. Tugas ini menjawab pertanyaan berikut ini:
- Apakah system R/3 berjalan?
- Apakah backup tereksekusi dan terselesaikan secara sukses?
Jika jawaban baik ke pertanyaan “tidak” kemudian situasinya harus
dipecahkan secepatnya karena:
- Jika system R/3 down, tidak ada pekerjaan dapat dilakukan
- Jika backup gagal, dan disaster terjadi, anda dapat kehilangan data sejak backup baik paling baru anda.
Verifikasi bahwa R/3 berjalan
Tugas hari pertama anda adalah melakukan pemeriksaan tingkat tinggi
untuk melihat jika system R/3 sedang berjalan.
Mengapa
Jika system tidak berjalan, pengguna anda akan dihubungi untuk mencari
tahu apa yang terjadi dan kapan system akan up lagi.
Sebagai pemeriksaan tingkat dasar, jika anda dapat mengkoneksiakan
system R/3, pertanyaan berikut ini terjawab:
- Apa system R/3 nya berjalan?
- Apa jaringan antara anda dan system R/3 berjalan?
How
Dari sebuah workstation, log on dengan SAP GUI. Jika anda dapat log on,
tesnya sukses.
Verify bahwa backup berjalan
sukses
Apa
Anda perlu untuk memverifikasi bahwa backup yang harus berjalan tadi
malam, berjalan sukses. Backup dari database R/3 dan file level system operasi
non database yang berkaitan adalah penting untuk merecover system R/3.
Tipe dari file nondatabase terdiri dari:
- database log dump
- Data file untuk aplikasi third –party yang tidak disimpan data mereka di system
Contohnya file tertentu seperti file pajak
eksternal
- File transport
- File interface Inbound dan outbound
- File print eksternal tersimpan
Mengapa
Jika ada sebuah masalah dengan sembarang backup, problem butuh
dipecahkan secara cepat. Jika sebuah database gagal terjadi perlu sebuah
restore, dan backup terakhir gagal, anda harus akan merecover menggunakan
backup terakhir sukses. Jika anda tidak memiliki backup bagus, anda harus
menggunakan backup lama. Proses ini perlu utnuk mengaplikasikan log lebih
banyak lebih jauh dan meningkatkan waktu yang diperlukan untuk merestore database
dan membawanya ke kondisi terkini.
Sekali masalahnya telah diperbaiki, jika ini tidak berakibat pada
kinerja, jalankan sebuah backup online. Jika ini berdampak pada kinerja,
perusahaan anda mungkin membuat kebijakan untuk menjalankan backup online. Langkah
ini memberi anda backup lebih terkini.
Level system operasi, beberapa file ini mungkin perlu sinkron dengan
database R/3. Merestore system R/3 tanpa file ini menghasilkan restore yang
tidak lengkap(digunakan), (contohnya, file pajak eksternal yang perlu
disinkronkan dengan data system atau laporan system pajak akan tidak sesuai
dengan laporan R/3).
Kapan
Tugas kritis ini perlu dilakukan pertama kali pada pagi hari. Jika ada
sebuah perubahan operasi “graveyard”, pemeriksaan backup seharusnya dilakukan sekali
job backup lengkap. Perubahan “graveyard” adalah perubahan kertiga dari hari
dan mulai 10:00 pm ke 7:00 a.m.
![]() |
Tiap backup yang
gagal harus diselidiki dan dipecahkan secara cepat. Jangan pelihara sikap
“kami hanya akan menjalankan backup sekali lagi malam ini dan melihat apakah
berjalan atau tidak’. Jika backupnya gagal, anda memiliki hari lain tanpa
melakukan backup.
|
Di bab 4-8, kita telah memasukkan sebuah daftar dari transaksi seperti
berikut ini. Daftar ini berisi informasi dasar tentang transaksi di checklist.
Untuk informasi tambahan pada transaksi, lihat bab referensi untuk tiap
checklist.
Pengguna (Transaksi AL08)
Apa
Transaksi ini menampilkan semua penguna yang sedang log on ke system.
Ini menunjukan ID pengguna dan nama terminal.
Mengapa
Pada perusahaan yang lebih kecil, administrator dapat mengenali ID
pengguna yang log on ke terminal yang tidak biasa. Langkah ini dapat
mengindikasikan bahwa seseorang –selain pengguna yang ditunjuk- menggunakan ID
pengguna. Seorang pengguna terlog on ke lebih dari satu terminal dapat
mengindikasikan bahwa ID pengguna digunakan atau dibagi pakai olehlebih dari
satu orang.
Memonitor OS(Transaksi OS06)
Apa
Log system adalah dimana system operasi dan beberapa aplikasi menulis
rekaman-rekaman kejadian. Bergantung pada system operasi, ada banyak log.
Mengapa
Ada indikasi dari masalah perkembangan( contohnya,
hard drive menghasilkan error atau drive yang rusak yang perlu diganti).
Pilih Job Background/Monitor job
grafis(transaksi SM37/RZ01)
Apa
Job background adalah job batch terjadwal yang dijalankan ke waktu
khusus selama sehari.
Mengapa
Jika anda menjalankan job kritis, anda perlu untuk mengetahui jika job
gagal, karena mungkin proses lainnya, aktivitas, atau tugas yang bergantung
pada job ini.
CCMS Alert Monitor(Transaksi
RZ20)
Apa
Transaksi RZ20 adalah monitor alert tersentralisasi dan yang baru dengan
Release 4.0. Dengan transaksi ini, anda dapat memonitor server di landscape
anda, seperti development, QA, percobaan, production dll. Anda tidak lagi harus
mencatat sendiri tiap system untuk mencari alert. Jika ada alert, monitor akan
menyalurkan ke transaksi lain yang dibahas kemudian di bab ini.
Mengapa
Sebuah alert mengindikasikan masalah serius yang potensial yang
seharusnya decara cepat dipecahkan. Jika tidak terisi, masalah ini dapat
degenerasi kedalam sebuah disaster.
Pengguna (transaksi SM04)
Apa
Transaksi ini menampilkan semua penguna yang sedang log on di system dan
menunjukan ID pengguna dan nama terminal.
Mengapa
Di perusahaan kecil, administrator mengenali ID pengguna log on ke
terminal yang tidak dikenal, mengindikasikan bahwa seseorang –selain menunjukan
penguna – menggunakan ID pengguna.
Pengguna yang log on lebih dari sebuah terminal mengindikasikan bahwa ID
pengguna sedang:
- digunakan untuk oranng lain
- digunakan atau bagi pakai dengan beberapa orang.
Daftar Lock Entry
Apa
Sebuah lock adalah mekanisme yang mencegah pengguna lainnya dari merubah
rekaman dimana anda bekerja. Sebuah contoh yang mengilustrasikan pentingnya
menggunakan fungsi sebagai berikut.
![]() |
Contoh:
Anda merubah sebuah alamat email pelanggan.
Orang lain merubah nomer telepon pelanggan diwaktu yang sama. Pertama anda
menyimpan perubahan anda; kemudian orang lain menyimpan perubahan mereka.
Perubahan orang lain menulis kembali perubahan anda, dan perubahan anda akan
hilang.
|
Mengapa
Ada lock lama yang tetap ada dari transaksi yang
tidak dapat di release, atau dari saat pengguna di putus dari jaringan. Kecuali
jika dihapus, lock-lock tersebut mencegah akses atau perubahan ke rekaman hingga
system di siklus. Jalan termudah unutk menempatkan mereka adalah mencari lock
dari hari sebelumnya.
![]() |
Kami menganggap bahwa
paremeter profil rdisp/gui_auto_logout telah diset. Parameter ini
mendefinisikan sebuah logout otomatis pengguna jika tidak ada aktivitas untuk
sejumlah menit tertentu.
|
Update Record(Transaksi SM13)
Apa
Update gagal, atau sebuah “akhir update”, adalah sebuah update dari
database gagal. Update gagal ini terjadi saat seorang pengguna memasukkan atau
transaksi tidak dimasukkan atau diupdate di database.
Analogi berikut ini seharusnya membantu mengklarifikasi konsep ini:
- Sekretaris memberikan sebuah file juru ketik sebuah folder(sama dengan menyimpan).
- File juru ketik memberikan sekretaris sebuah resep(sama dengan angka dokumen R/3)
- Diperjalanan ke kabinet file, juru tulis jatuh, dan terluka.
Folder in tidak meletakkan ke dalam cabinet(ini
gagal update)
- Hasil akhirnya adalah folder tidak di cabinet – meskipun sekretaris memiliki resep.
Untuk alas an kinerja, update database dilakukan dalam mode asinkron. Di
mode ini, penguna melanjutkan untuk bekerja selama system mengambil alih proses
update dan menunggu update database hingga selesai. Di mode sinkronus, pengguna
akan harus menunggu sampai database terupdate secara sukses sebelum mereka
melanjutkan kerja.
Mengapa
Pengguna mungkin menerima sebuah angka dokumen, jadi mereka berasumsi
bahwa masukan ada di system. Bagaimanapun, jika updatenya gagal terjadi,
masukan tidak di system. Pesanan pelanggan, kecuali jika pesanan di masukan
kembali, pelanggan tidak akan mendapatkan pesanan mereka dan tidak ada jejak
yang akan ditemukan di system.
System log(Transaksi SM21)
Apa
Log system di system R/3 terdiri dari event, error, problem, dan system
message.
Mengapa
Log adalah penting karena tidak diharapkan atau peringatan dan error
tidak diketahui dapat mengindikasikan problem yang serius.
Input Batch(Transaksi SM35)
Apa
Transaksi ini memperlihatkan job yang perlu untuk diproses atau simulai,
dan job dengan error yang perlu untuk dipecahkan.
Mengapa
Transaksi ini penting karena memberikan alert ke anda utnuk job input
batch:
- Baru
Ini adalah job yang menunggu untuk
diproses(contohnya, sebuah posting dari sebuah file interface). Jika tidak
diproses, data tidak akan terkirim ke system.
- Salah
Ini adalah job yang telah gagal karena sebuah
error. Bahaya adalah hanya sebagian dari job telah terpos ke system. Ini
meningkatkan ke korupsi data potensial dari sebuah perbedaan penyortiran,
seperti hanya data yang ada di system.
Proses kerja(transaksi SM50 dan
SM51)
Apa
Transaksi ini mengizikan pengguna untuk melihat status proses kerja dan
memonitor permasalahan. Transaksi SM51 adalah sebuah transaksi pusat dari yang
anda pilih dari instance untuk memonitor. SM51 memulai transaksi SM50 untuk
tiap server aplikasi. Transaksi SM50 digunakan untuk system tanpa server
aplikasi.
Mengapa
Transaksi SM51 adalah satu tempat untuk mencari job atau program yang
mungkin hung,( terindikasi dengan waktu run yang panjang). Jika job batch tidak
sedang berjalan, jika semua batch proses kerja digunakan, transaksi SM50
menyediakan sebuah petunjuka permasalahan.
Spool(Transaksi SP01)
Apa
Spool adalah manager output system R/3. Data terkirim ke printer dikirim
ke spool R/3 dan kemudian dikirim ke system operasi untuk mencetak.
Mengapa
Ada permasalahan dengan printer pada level system
operasi. Permasalahan ini perlu untuk dipecahkan segera untuk job cetak waktu
kritis (contohnya cek, invoice, dokumen shipping dll) atau mungkin ada akibat
operasional.
Job spool aktif yang telah dijalankan yang lebih dari satu jam
mengindikasikan sebuah masalah dengan spool system operasi atau printer.
Perbaikan Ringkasan(Transaksi
ST02)
Apa
Transaksi buffer perbaikan ringkasan menampilkan statistic kinerja
buffer R/3. Ini digunakan untuk perbaikan parameter buffer dari R/3 dan, ke
derajat lebih sedikit, database R/3 dan system operasi.
Mengapa
Buffer adlah penting karena buffer swap mengurangi kinerja. Pemeriksaan
regular masukan ini membangun trend an mendapatkan kebiasaan dari buffer.
Workload Analysis of <SID>
(Transaksi ST03)
Apa
Analisis beban kerja digunakan untuk menentukan kinerja system.
Bagaimana
Periksa statistic dan rekam tren untuk mendapatkan tingkah laku system
dan kinerja. Pemahaman system saat sedang berjalan baik membantu anda menentukan
perubahan apa yang perlu dibuat.
Analisa kinerja
database(transaksi ST04)
Apa
Sebuah monitor kinerja database tingkat tinggi
Mengapa
Transaksi ini menyediakan kemampuan untuk:
- memonitor database yang berkaitan dengan:
- pertumbuhan
- kapasitas
- statistic I/O
- Alert
- Drill down untuk informasi tambahan
- Memonitor database tanpa log in ke dalamnnya.
Analisis Dump ABAP(Transaksi
ST22)
Apa
Sebuah dump ABAP(juga diketahui sebagai short dump) dihasilkan saat sebuah laporan atau transaksi berakhir
sebagai error yang serius. Sistem merekam error didalam system log(transaksi
SM21) dan menulis sebuah snapshot(dump) dari terminasi program ke sebuah table
khusus. Transaksi ini dapat juga dipanggi dari system log(transaksi SM21).
Mengapa
Anda menggunakan sebuah dump ABAP untuk menganalisa dan menentukan
mengapa error terjadi, dan melakukan aksi korektif.
No comments:
Post a Comment
silahkan membaca dan berkomentar