SWOT Analysis
1. External Analysis
I.1.1 Market Size
Tidak ada informasi yang akurat
tentang ukuran market dimana ERIKS Group beroperasi. Diperkirakan jumlah total dari market di Eropa sekitar 20 Milyar
EURO. Market di negara-negara tempat ERIKS Group beroperasi, bernilai lebih
dari 10 Milyar EURO.
Ukuran market berhubungan langsung
dengan trend dalam industrial-production. Pada tahun 2004,
industrial-production di Eropa Barat dan Tengah meningkat untuk pertama kalinya
sejak tahun 2000. Hal ini juga
disebabkan oleh pulihnya kondisi perekonomian dunia pada umumnya.
Market menjadi lebih terpusat karena adanya relokasi dari industri
manufacturing dari Eropa Barat ke Eropa Timur yang upahnya lebih rendah.
Relokasi dari industri merupakan
ancaman serius bagi manufacturer dan distributor. Hany melalui kebijakan yang
inovatif dan dengan mencari segmen market yang baru, penjualan bisa terjaga dan
tumbuh lagi.
I.1.2 Suppliers
Akibat adanya investasi
capital-intensive dalam asset bisnis dan tingginya biaya untuk riset dan
pengembangan produk, tetapi masih ada trend yang menjanjikan terhadap
manufacturer. Mereka bisa menawarkan pada market sebuah perkembangan yang
signifikan dan mencari cara untuk lebih dekat terlibat dalam distribusi ke
industrial end-user. Trend ini akan memajukan integrasi antar manufacturer.
Masa depan distributor akan tergantung pada mempunyai partnership dengan supplier, volume&market share, mempunyai
customer-base yang luas, mempunyai jangkauan produk yang luas dengan nilai
teknologi yang tinggi.
I.1.3 Customers
Customer
mengharapkan distributor dari komponen mechanical engineering untuk memberikan
nilai lebih. Bagi kebanyakan customer, mengurangi jumlah supplier dan
mempunyai satu contact point untuk berbagai operasi nasional dan internasional,
merupakan hal terpenting dalam kebijakan mereka. Mengurangi biaya transaksi dan
modal saat itu adalah hal terpenting pada manajemen operasional dari semua
kelompok industri. Menanggapi trend ini, distributor harus memiliki range yang
luas, produk yang berkualitas dan aplication know-how, fasilitas pemrosesan dan
technical know-how, dan dia harus bisa menawarkan logistic services.
Selanjutnya kelompok industri tersebut bisa mengerjakan bisnis dengan cara yang
lebih efisien dan distributor mempunyai kesempatan untuk melebarkan
customer-base. Konsep
marketing dan konsep distribusi akan disesuaikan dengan berbagai macam
customer-group.
I.1.4 Competitor
Market di Eropa untuk distribusi
dari komponen mechanical engineering tetap tinggi. Beberapa kelompok besar yang
sama dengan ERIKS Group beroperasi di beberapa negara dan mempunyai strategi
perluasan internasional. Tetapi kombinasi market share dari distributor
internasional ini masih tetap terbatas. Sama
seperti distributor ini, ada banyak bisnis kecil dan menengah yang melayani
market dengan satu atau lebih grup produk pada skala regional atau nasional.
Market menawarkan ERIKS Group untuk perluasan yang lebih lanjut.
2. Internal Analysis
Pada beberapa tahun lalu, ERIKS Group telah berkembang menjadi distributor
yang modern dan inovatif dengan infrastuktur yang modern dan pekerja yang
profesional. Kebanyakan dari perusahaan dalam ERIKS Group memenuhi syarat ini
sehingga memiliki kesempatan untuk lebih berkembang. Tingkat profesionalisme
dan kedewasaan antara kelompok/perusahaan yang satu dan lainnya berbeda,
sehingga strength dan weakness dari tiap kelompok itu tidak sama sehingga
rencana operasional dan strategi diformulasikan oleh masing-masing kelompok
perusahaan secara internal.
I.1.5 The Netherlands and Belgium
Kelompok ERIKS Netherland dan ERIKS
Belgium sudah menyertakan seluruh aktivitas utama dalam bidang mereka. Di
Netherland, ERIKS Group menempati posisi 3 teratas dalam seluruh aktivitas.
Kelompok ini sudah menguasai semua disiplin teknik yang diperlukan dan melalui
kerjasama intensif antara berbagai unit yang bekerja secara konstan dalam
perkembangan lebih lanjut pada aktivitas utamanya dan perluasan dari logistic
service. Di Belgia, posisi 3 teratas dalam market belum dicapai di semua
aktivitas sehingga market share kadang terancam. Perkembangan yang bagusdibuat
dengan kerjasama antara unit yang berbeda dan ini merupakan pendekatan market
yang umum. Kebijakan dirintis dengan perluasan technical dan logistic service.
I.1.6 Germany
Kelompok ERIKS German bekerja secara
konstan untuk memperluas bidang dan integrasi dengan perusahaan sudah
berlangsung selama beberapa tahun belakangan. Kebutuhan untuk pendekatan German
market sebagai satu unit adalah starting point untuk ini. Technical trade
market tetap tinggi dan kelompok ini tidak menempati posisi 3 teratas dalam
grup produk apapun. Akan tetapi Germany ERIKS merupakan salah satu distributor
terbesar dari komponen mechanical engineering. Kelompok ini menerapkan
manajemen yang bagus dan profesional serta modernisasi infrastruktur.
I.1.7 France
Kelompok ERIKS France masih perlu menjalani sejumlah tahap pengembangan dalam beberapa tahun mendatang. Masih banyak tempat dalam kelompok ini dimana kualitas service kepada customer tidak memenuhi standar yang diharapkan ERIKS Group. Langkah yang harus diambil untuk membenahi antara lain manajemen perusahaan, manajemen kualitas produk, perluasan aktivitas utama, adn modernisasi dari infrastruktur.I.1.8 USA
Kelompok ERIKS USA hanya beroperasi
di market industrial plastics, tetapi memiliki resource dan profesionalisme
untuk meraih pertumbuhan yang lebih lanjut.
I.1.9 South East Asia
Market position dari ERIKS SouthEast
Asia masih rapuh. Dengan rasionalisasi dan penambahan produk serta application
know-how, marketing mix dikembangkan dengan memisahkan dari kompetisi lokal dan
memenuhi permintaan pasar.
3. Financing (2005-2007) and the creation of value
Diasumsikan bahwa aktifitas industri akan mengalami peningkatan, model
pertumbuhan beberapa tahun telah digambarkan berdasarkan asumsi realistis.
Model mengindikasikan bahwa ERIKS Group mampu membiayai target pertumbuhan,
sambil mempertahankan financial ratio dalam batas tertentu dan meningkatkan
nilai perusahaan. Rencana pembiayaan berdasarkan model pertumbuhan meneyediakan
resource untuk pembiaya dari luar dan stockholder. Sangat penting bahwa
kerjasama dengan pihak lain harus memberikan keuntungan jangka panjang bagi
semua stakeholder dari ERIKS Group dan tujuan bisa tercapai lebih cepat dan
resiko lebih terkontrol.
No comments:
Post a Comment
silahkan membaca dan berkomentar