Translate

Saturday, September 10, 2016

Balanced Scorecard (BSC)



Balanced Scorecard (BSC)
          Objektif dan pengukuran scorecard diturunkan dari visi dan strategi organisasi
          Kinerja dari 4 perspektif: finansial, customer, proses bisnis internal, pembelajaran&pertumbuhan
Balanced Scorecard: Menterjemahkan strategi kedalam operasional 
Balanced Scorecard (BSC): Kerangka strategik untuk aksi
          Menjelaskan (clarify) dan menterjemahkan visi dan strategy
          Komunikasikan dan hubungkan objektif strategik dan pengukuran
          Rencanakan, set target, selaraskan inisiatif dan alokasikan sumber daya
          Review dan umpan balikan perbaikan
Objektif perspektif finansial, misalkan seperti objektif generik dibawah :
          Memberikan nilai yang lebih besar daripada yang ditawarkan kompetitor
          Meningkatkan ROCE
          Memperbaiki margin keuntungan
          Meningkatkan dividen shareholder
          Melunasi pembayaran rekening dan kewajiban lainnya pada waktunya
          Mengamankan pekerjaan dimasa mendatang untuk pekerja
Beberapa objektif generik dari perspektif customer diantaranya :
          Memberikan produk yang kompetitif
          Membuat belanja mudah
          Pelayanan profesional
          Pelayanan antaran pada hari yang sama
Objektif generik proses internal antara lain:
          Mereduksi waktu siklus penyampaian produk
          Menghasilkan produk yang benar
          Mengantar produk yang benar ke alamat yang benar tepat waktu
          Menurunkan waktu penagihan pembayaran
          Memilih institusi finansial yang benar
Objektif generik Pembelajaran dan pertumbuhan dapat dicontohkan sebagai berikut :
          Pelatihan staf pelayanan customer
          Mengembangkan sistem yang lebih baik untuk manajemen produk
          Meningkatkan kepuasan pekerja
          Meningkatkan jumlah jam pelatihan per pekerja
Contoh Penjabaran Metrik
Perspektif finansial :
Return on Investment
Return on capital employed
Economic value-added
Metrik diatas dapat dijabarkan menjadi :
          Kecepatan pertumbuhan penjualan
          Market share untuk area dan pasar yang ditargetkan
          Meningkatkan produktivitas pendapatan
          Meningkatkan gross margin
          Mereduksi unit cost
          Mereduksi pengeluaran operasi

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar