4.4 Implementasi Antarmuka
Berikut ini adalah implementasi dari perancangan antarmuka dengan
penjelasan dari tiap komponen yang ada pada form.
Semuanya ada pada Gambar 4.19.
Untuk keterangan input pada gambar 4.19 diatas adalah sebagai
berikut:
v
Input :
Berupa
nilai bilangan positif lebih dari 1, yang menyatakan jumlah dari klaster yang
diinginkan oleh pengguna.
v Input 2:
Berupa bilangan positif lebih dari 1, yang
menyatakan nilai fuzziness dari Fuzzy C-Means Clustering.
v Input 3 :
Berupa bilangan desimal antara 0 dan 1,
yang menyatakan batas ketelitian dari derajat keanggotaan masing-masing data
terhadap klaster.
Contoh:
input 1
|
input 2
|
input 3
|
3
|
2
|
0.03
|
Ada beberapa tombol yang bisa digunakan
pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut, yakni:
v Tombol Generate,
tombol ini berfungsi untuk melakukan generate
data secara random.
v Tombol Step
by Step, tombol ini berfungsi untuk melakukan proses pengklasteran secara
bertahap hingga kondisi pemberhentiannya terpenuhi.
v Tombol Run,
tombol ini berfungsi untuk melakukan proses pengklasteran secara langsung
hingga kondisi pemberhentian iterasi terpenuhi.
v Tombol Open,
tombol ini berfungsi untuk membuka frame
baru sesuai dengan pilihan pengguna pada radio
button.4.2 Implementasi Alur Proses
No comments:
Post a Comment
silahkan membaca dan berkomentar