Translate

Saturday, July 16, 2016

Benchmarking

 Benchmarking

Sebelum melangkah lebih jauh dalam hal ini, mari kita pertajam konsep yang ada dengan mengetahui definisi dari benchmarking, kebenaran benchmark sebagai suatu standar?. Berikut ini adalah definisi dari benchmark dari pelbagai sumber:
Benchmark adalah (1) a standar or point of reference, (2) a surveyor’s mark cut in a wall and used as a reference point in measuring altitudes.
Dari sumber diatas dapat diperoleh bahwa benchmark adalah (1) sebuah standar atau batas referansi (2) Sebuah tanda potongan pada tembok sebagai batas referansi dalam pengukuran ketinggian.
Benchmark adalah (1) standard: a standard against which something can be measured and assessed,
(2) test of computer performance: a standard test to measure the performance of computer hardware or software.
Sumber diatas menyatakan definisi dari benchmark, yakni (1) standar: sebuah standar pada sesuatu yang dapat diukur dan dinilai, (2) tes dari kinerja komputer: sebuah standar pengujian untuk mengukur kinerja perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
Benchmark adalah a standard, used for comparison. For example, the Nasdaq may be used as a benchmark against which the performance of a technology stock is compared.
Pengertian benchmark menurut http://www.investorwords.com adalah sebuah standar, digunakan untuk perbandingan. Contohnya, Nasdaq bisa digunakan sebagai benchmark terhadap kinerja saham yang dibandingkan.
            Dari definisi diatas didapatkan beberapa poin penting dari benchmark, yakni standar, sesuatu yang bisa diukur dan dinilai, digunakan untuk perbandingan. Bila digabungkan poin-poin tersebut maka definisi benchmark adalah sebuah standar/baku dari sesuatu yang bisa diukur dan dinilai yang digunakan untuk perbandingan dengan sesuatu. Sedangkan benchmarking sendiri adalah suatu proses untuk melakukan benchmark.

            Dari penjelasan diatas, maka pengertian benchmarking IHSG BEJ adalah suatu proses untuk melakukan standarisasi yang digunakan sebagai penilaian terhadap suatu poin sehingga dapat membandingkan nilai dari poin IHSG BEJ satu dengan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar