Translate

Saturday, July 16, 2016

Benchmarking, Fuzzy C-Means Clustering, IHSG, IHSG BEJ

Abstrak  Benchmarking, Fuzzy C-Means Clustering, IHSG, IHSG BEJ



   Benchmarking, yaitu proses memberi batasan yang jelas antara poin Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Jakarta (IHSG BEJ), adalah suatu hal yang penting untuk menentukan dan mengetahui poin indeks mana yang termasuk  di dalam kelompok yang bisa dikatakan tinggi, rendah atau rata-rata. Hal ini  diperlukan sebagai suatu standar bahwa poin indeks tertentu akan masuk ke dalam kelompok yang mana. Tanpa benchmarking, permasalahan akan timbul seiring dengan adanya pelbagai persepsi manusia yang tentu saja berbeda dalam memberikan penilaian terhadap poin indeks (berdasarkan perkiraan dari masing-masing individu), apakah poin indeks tertentu masuk dalam kategori tinggi, rendah atau rata-rata. Tidak ada batasan yang jelas antara poin indeks satu dengan yang lainnya. Fuzzy C-Means, yaitu suatu metode untuk mengklaster set data menjadi beberapa kelompok data dengan membagi rata set data, menjadi salah satu metode untuk melakukan benchmarking terhadap IHSG BEJ. Fuzzy C-Means -yang didasari dengan logika fuzzy- mengelompokkan data berdasarkan jarak antara centroid dengan data. Setiap data memiliki derajat keanggotaan terhadap masing-masing klaster. Data dengan derajat keanggotaan paling tinggilah yang akan menjadi anggota dari klaster dimana derajat keanggotaan tersebut tertuju.
Dalam hal ini, akan diimplementasikan Fuzzy C-Means Clustering yang melakukan benchmarking terhadap IHSG BEJ tahun 2005 sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan analisis data teknikal historis dari data tersebut.
Dari hasil ujicoba terhadap beberapa jenis IHSG BEJ, didapatkan suatu kesimpulan bahwa benchmarking bisa dilakukan terhadap pelbagai jenis IHSG BEJ dan bisa didapatkan beberapa informasi yang berguna bila pola IHSG BEJ dianalisis lebih dalam dan menghubungkannya dengan variabel waktu.


Kata Kunci: Benchmarking, Fuzzy C-Means Clustering, IHSG, IHSG BEJ.

No comments:

Post a Comment

silahkan membaca dan berkomentar